Selasa, 13 Mei 2014

Alat Musik Bonang

Alat musik bonang adalah salah satu alat musik yang termasuk dalam instrumen Gamelan Jawa Bonang bisa dikatakan sebagai instrumen melodi yang paling terkemuka dalam dunia Degung Gamelan Sunda.

Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul atau ditabuh pada bagian atasnya yang menonjol atau disebut dengan pencu / pencon dengan menggunakan dua pemukul khusus yang terbuat dari tongkat berlapis yang disebut dengan sebutan bindhi.
Bonang merupakan kumpulan dari gong-gong kecil yan terkadang juga disebut dengan nama “pot” atau “ceret”), kesemuanya diletakkan dan disusun berjajar pada bingkai kayu (yang disebut “rancak”) dalam dua baris.  Baris pertama atau baris yang bagian disebut dengan nama Jaleran atau bisa juga disebut dengan  Brunjung, sedangkan baris yang kedua/bawah disebut dengan sebutan setren/dhempok.

Jenis-Jenis Alat Musik Bonang

Untuk masyarakat Jawa Tengah, Mereka membagi alat musik bonang menjadi tiga jenis, yakni sebagai berikut :
  • Bonang Barung yang ukuran berukuran sedang, bonang barung ini dimainkan untuk menentukan ketukan pembukaan atau sebagai patokan tempo dan juga sebagai patokan dinamika.  Dalam Ansambel, alat ini juga bisa dikatakan sebagai adalah salah satu yang berperan penting hal itu dikarenakan ia banyak sekali memberikan/menentukan isyarat kepada pemain lain dalam instrumen gamelan.
alat_musik_bonang_barung
Bonang Barung

  • Bonang Panerus memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan bonang barung.  Bonang jenis ini dimainkan setengah ketukan dari bonang barung yang apabila mereka dibunyikan secara bersama-sama akan membuat efek suara yang bersahutan.   Notasi dari bonang penerus lebih tinggi 1 oktaf dari bonang barung namun untuk jumlah kepinggannya sama dengan bonang barung.
alat_musik_bonang_penerus
Bonang Panerus

  • Bonang Panembung, untuk yang satu ukurannya terbesar dari dua bonang diatas.   Namun nada yang dihasilkan dari bonang panembung ini nada yang paling rendah.
alat_musik_bonang_penembung
Bonang Panembung

Jika dibandingkan dengan instrumen yang ada dalam musik gamelan tugas dari bonang barung dan juga bonang panerus terasa lebih kompleks sehingga bisa diangaap instrumen ini sebagai salah satu yang mengelaborasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar