Rabu, 14 Mei 2014

Tai Fu Sui, Kuliner Khas Bangka

Bangkatour – Satu lagi kuliner yang sangat khas di pulau Bangka; Tai Fu Sui, namanya. Tai fu sui adalah minuman khas Bangka yang sangat populer khususnya di wilayah kota Pangkalpinang. Oleh masyarakat Bangka, minuman ini sering disebut ‘fu sui’. Sebetulnya Fu Sui merupakan minuman yang diolah dengan bahan utama kacang.
tai-pu-sui-bangka
Tai Fu Sui

Bangkatour – Satu lagi kuliner yang sangat khas di pulau Bangka; Tai Fu Sui, namanya. Tai fu sui adalah minuman khas Bangka yang sangat populer khususnya di wilayah kota Pangkalpinang. Oleh masyarakat Bangka, minuman ini sering disebut ‘fu sui’.
Sebetulnya Fu Sui merupakan minuman yang diolah dengan bahan utama kacang kedelai. Sekilas minuman ini hampir sama dengan susu kedelai yang biasa dijajakan di pulau Jawa. Hanya saja Tai fu sui di bangka punya cita rasa yang khas.
Kuliner khas Bangka yang satu ini bisa anda temukan dengan mudah diseputar alun-alun kota Pangkalpinang. Para penggemar tai fu sui bisanya menyebut aktifitas meminum fu sui dengan istilah ‘Musoi’. Nah, Musoi akan terasa semakin beda jika dilakukan beramai-ramai dengan teman atau keluarga sembari ngobrol santai plus ditemani makan otak-otak dan aneka jajanan ringan khas Bangka lainnya.

Tai Fu Sui (susu kedelai) adalah minuman khas bergizi, terbuat dari kacang kedelai murni. Tai biasanya dibuat oleh masyarakat keturunan Cina namun ada juga masyarkat Melayu. Kuliner khas Bangka yang satu ini biasaya dijual pada pagi hari dan juga pada malam hari. Sekarang Tai Fu Sui banyak dikreasikan oleh masyarakat dengan berbagai rasa terutama rasa buah-buahan.

Berikut resep bahan yang diperlukan untuk membuat Tai Fu Sui:
Kacang Kedelai
Air

Dan beginilah cara membuat minuman khas Bangka Tai Fu Sui :
Bersihkan kacang kedelai dari kulitnya dan dicuci bersih. Rendam kedelai beberapa saat kemudian blender kedelai sampai halus. Saring Selanjutnya rebus dengan api sedang bersama air Setelah mendidih diangkat. Tai Fu Sui dapat disajikan. Namun jika ingin mngkreasikan cita rasa buah-buahan bisa dimasukan buah-buahn yang telah dipotong sesuai selera dan masukan ke air yang mendidih tersebut sampai masak. Bisa  ditambah gula. Dapat dihidangkan panas atau dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar